Saturday, December 14, 2013

CARA MENJINAKKAN BOP DENGAN MANNING YANG BENAR



CARA MENJINAKKAN BOP DENGAN MANNING YANG BENAR


1.      Tempatkan didalam kandang yang berukuran pas (Doi dapat mengembangkan sayapnya ketika didalam kandang) lalu letakkan kandang tersebut ditempat yang sering menjadi lalu lalang dan tempat penghuni rumah berbincang-bincang. Ingat, kandang harus ditutup agar Doi yang baru datang tidak kaget dengan keramaian. Hal ini berguna untuk membuat doi terbiasa dengan lingkungan dan suara keramaian manusia. Lakukan proses pengkarantinaan ini selama kurang lebih 3-4 hari dengan sesekali ditengok saat pemberian pakan saja.





2.      Ketika BOP anda sudah siap untuk keluar kandang, tentulah sebelumnya anda harus sudah siap
dengan equipment khusus untuk BOP anda (dengan ukuran yang pas ) sehingga BOP anda tidak dapat lepas ketika ditaruh di perch (tenggeran) nanti. Ketika anda sudah siap dengan equipment tersebut yang terdiri dari gelang kaki (angklet) beserta tali pengghubungnya, maka cara paling tepat untuk memakaikannya adalah dengan menutup wajah BOP anda dengan kain namun jangan sampai terlalu kencang, atau hanya sebatas menutupi pandangannya dari mengingat wajah anda yang akan memakaikan angklet. Hal ini berguna untuk tidak menciptakan phobia pada BOP terhadap sang partner. Setelah itu lilitkan juga kain pada tubuh BOP agar tidak dapat berontak ketika equipment dipasang ke kaki doi. Mintalah bantuan seseorang agar proses pemasangan dapat berjalan lebih cepat dan lebih mudah. Ingat! Belajarlah dulu cara memasang equipment terlebih dahulu, bukan belajar ketika BOP sedang terlilit kain karena bagaimana pun proses ini tidak nyaman untuk mereka, jadi jangan buat partner anda menunggu terrlalu lama. Setelah equipment terpasang anda sudah bisa tempatkan doi anda di perch. Letakkan perch ditempat yang sama, yaitu ditempat dimana dia bisa melihat aktivitas pemilik rumah dan terrbiasa dengan manusia. Disinilah kenapa BOP harus dibiasakan dengan suara aktivitas manusia dulu, untuk mengurangi rasa takutnya ketika melihat keluarga anda. Mereka akan teringat dengan suara-suara yang pernah dia dengar ketika sedang berada dalam proses karantina. Potensi mengalami stress setelah proses karantina akan jauh berkurang.






3.      Latih burung setidaknya 30 menit sehari caranya dengan mengangkat burung dan membiarkan mereka bertengger ditangan anda. Ingat! Gunakan glove untuk mengangkat BOP yang berukuran medium dan large. Jangan lepaskan tali (leash) dari BOP, tapi anda cukup hubungkan ke glove anda atau hanya dipegangi saja agar burung tidak terbang. Bagaimana pun mereka masih belum bisa dikatakan jinak, jadi potensi untuk lepas masih tinggi. Lakukan proses ini didalam ruangan yang doi sudah familiar, di ruangan tempat perch berada adalah yang paling tepat tapi jangan terlalu dengan perch karena akan membuat BOP sulit terbiasa dengan anda karena mereka memilih ingin kembali ke perch. Berdirilah memunggungi perch dan taruh BOP menghadap kearah anda sehingga dia tidak dapat melihat perchnya.






4.       Trik menaikan BOP ketangan adalah bukan dengan paksaan. Gunakan glove, dan sentuh glove dengan bersahabat ke dada bawah mereka, kalau mereka tidak member respon dengan menaikan satu kaki keatas glove, panggil namanya dan sentuh kembali namun agak lebih diturunkan sedikit (bagian perut BOP). Ulangi secara perlahan hingga BOP mau meletakkan satu kakinya diatas glove. Setelah BOP menaikan satu kakinya keatas glove, angkat glove kearah atas secara perlahan hingga satu kakinya ikut terbawa naik keatas dan hampir menyentuh kepalanya sendiri, disinilah partner anda akan dengan sendirinya menarik satu kakinya yang lain untuk turut berpijak di glove anda, dan Done! Si Doi sudah naik ketangan anda. Ingat, menaikan BOP dengan meletakkan tangan dibelakang kaki BOP hanyalah pilihan terakhir ketika anda terburu-buru dan harus segera menaikan BOP ke tangan untuk segera dapat dipindahkan atau karena alasan lainnya. Ingat! Hanya saat yang mendesak karena cara ini hamppir 80% membuat BOP terkejut dan respon dia naik ketangan disebakkan proses batting semu yang tanpa sadar anda kira adalah respon baik dari si BOP. Tanpa sadar apabila proses ini sering dilakukan hanya akan melatih “skill batting mereka”. (batting: ketika kondisi BOP berjalan mundur ketika melihat partnernya atau manusia yang dia tidak familiar)







5.      Ketika BOP sudah terbiasa naik keatas tangan dan mau bersikap tenang diatas tangan, anda dapat berikan makanan mereka sebagai hadiah (reward) atas patuhnya mereka terhadap perintah anda. Biarkan mereka makan diatas glove dengan menjepitkan makanan mereka diantara jari jempol dan telunjuk sehingga BOP tidak dapat membawa kabur makanannya dan tetap bersikap tenang diatas glove.  Ajari partner anda terbiasa dengan suara anda, bisa dengan memanggil namanya dan berbicara dengannya mulai dari nada yang halus sampai meninggi secara perlahan, dengan begitu BOP akan dapat mengenali suara anda dari kejauhan nantinya. Lakukan proses manning glove ini minimal 30 menit sehari, setelah itu anda boleh mengembalikan mereka ke perch. Dalam proses ini anda telah melakukan manning tahap awal dan melatih skill fof (makan diatas tangan pemilik) mereka.

6.      Lakukan proses ini setiap harinya hingga 2 minggu berlalu. Setiap BOP memiliki karakter yang berbeda-beda jadi sebenarnya anda lah yang paling tahu berapa lama proses ini dilakukan hingga anda merasa BOP anda sudah anteng diatas tangan anda. Namun 2 minggu sudah biasanya sudah menjadi waktu maksimal membiasakan BOP dengan glovenya dan melatih skill fof nya.





7.      Setelah BOP sudah sepenuhnya merasa nyaman mulailah belajar membelai mereka dengan perlahan ketika mereka berada diatas tangan anda. Lakukan proses membelai ini sebelum anda memberikan makanan kepada mereka. Belajarlah menyentuh mereka dibagian atas kearah belakang kepala, elus satu arah dengan lembut. Anda mungkin akan mendapat gigitan sebelum berhasil menyentuh kepala mereka. Namun jangan sampai anda mengeluarkan suara keras ketika merasa sakit digigit dan sebaiknya jangan tarik tangan anda yang sedang digigit tapi biarkan saja dan tahan rasa sakit itu hingga BOP melepaskan sendiri gigitannya, tetaplah keluarkan ekspresi bersahabat dan jangan membentak mereka. Kecelakaan ini yang malah akan membuat rasa percaya mereka tumbuh kalau anda tidak berniat menyakiti mereka. Untuk BOP yang berukuran besar, anda tetap harus berhati-hati karena mungkin saja jari anda bisa putus, jadi berhati-hatilah untuk tidak mendapat gigitan. Ketika anda berhasil mengelus mereka, dan BOP tenang saat dielus, baru anda memberikan makanan mereka. Doi akan berpikir ketika anda boleh membelai mereka, maka doi akan mendapatkan jatah makannya. 



8.      Setelah proses ini berhasil sampai BOP jinak dengan anda sepenuhnya, mulailah melakukan proses ini diluar ruangan,karena ketika BOP berada diluar insting alam mereka akan keluar kembali dan anda harus kembali menguatkan ikatan anda dengan doi lagi. Lakukan proses manning tersebut diluar ruangan. Buat juga perch ditempat BOP dapat melihat lalu lalang orang atau kendaraan. Setelah proses manning outdoor selesai anda dapat melakukan proses weathering (menjemur BOP diabawah sinar matahari) dan membiasakan BOP dengan lingkungan manusia, sehingga ketika doi melihat orang asing tidak akan kaget dan mencoba berontak karena ketakutan. Biarkan BOP melihat lalu lalang dan keramaian hingga doi merasa terbiasa dengan itu. 

62 comments:

Unknown said...

bro brung elang gw mau naik2 tangan tetapi dia pasti bunyi2 terus kalo di dekati. tp dia bisa di pegang kok knapa begitu bro. mohon petunjuk nya broo

muhammadimsa said...

sama bro, bo gue jg sama

intan Property Consultan said...

nie baca disiniCara Melatih Elang lengkap momo dah bisa full respon

Unknown said...

Bergunq bgt ama bwk chicj gua thanks ya saranya
Skarang mo nyoba buat barn owl wc

Agus Dwi Handoko said...

saya punya elang bondol mature cara melatihnya gimana ya min tolong kasih tau soalnya newbie

Rizqi Ramdhanar Santianto said...

Elang bondol ittu cara ngelatihnya simple kok.., kalo udh ada pengikat kakinya sering2 diajak jalan di tangan pake glove.. #sudahdiberipotongan ikan untuk pemanasan. Intinya interaksi

Unknown said...

Saya punya BK masih umur 11 hari apa emang kakinya masih lemah dan belum bisa bertengger pake kakinya ?, ataukah elang saya mengalami masalah ?

Unknown said...

Ane punya bwk gan, tp bekas escape. Pas udah ketemu lagi kok malah ga respon apapun ya, dia ga reapon ownernya termasuk ga respon terhadap makanannya
Mohon petunjuk gan.

Unknown said...

Ane punya bwk gan, tp bekas escape. Pas udah ketemu lagi kok malah ga respon apapun ya, dia ga reapon ownernya termasuk ga respon terhadap makanannya
Mohon petunjuk gan.

Unknown said...

Kalo umur segitu emg blm bisa berdiri gan. Bahkan brancher biasanya jg masi blm bisa.

Unknown said...

Gan saya punya bwk sebaiknya umur berapa di ajak hunting

Unknown said...

Gan saya punya bwk sebaiknya umur berapa di ajak hunting

Unknown said...

maydipdha.blogspot.co.id

Unknown said...

Sy punya golden eagle..tp kyknya masih berumur 6 bulan...dia selalu berusaha terbang dan melepaskan diri...gmn yah biar dia tenang? Mohon bantuannya...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Golden eagle beli dimana bro?

Unknown said...

Baru tau di indonesia ada golden eagle 😂😂😂 konyol

Unknown said...

Bro barn owl gua klo melihat gua selalu gelisah knp ya ?

Unknown said...

lur... apa perlu penutup selalu dipasang ketika burung diatas perch siang sampe malam

Unknown said...

oiya saya pelihara black kites dan maksud saya penutup mata apa perlu dipa
saang terus atau gak perlu

Unknown said...

Penggunaan hood di pake seperlunya aja bro pas jam dia mau tidur jgn sampe seharian juga di pakein hood, gw jg handle black kites lagi progress weight management , tahap soar dikit lg hehehe

Unknown said...

saya punya burung elang hitam polos,baru dapet dari hutan udah besar lah burungnya. kira kira bisa di jinakan gak boss,mohon bantuanyaa thanksss

wiku said...

awal pertama saya punya BOP adalah CG, sangat jinak dan pendiam, gampang juga buat di suruh naik ke atas glove. tapi semenjak di bentak dan di pukul ayah saya karena katanya nyakar pas mau di naikin ke glove CG saya jadi kaya liar lagi, seperti ketakutan kalo saya mau ngasih makan atau nyuruh naik ke glove, CG saya selalu berusaha kabur setiap di deketin manusia bahkan saya sendiri, gimana cara benerin sikap CG saya sekarang ya? kasihan soalnya kaya yang stress tiap mau di kasih makan. terimakasih

Unknown said...

Itu krna blm adny penyesuaian ...sring" sja d kurung dlm.kardus yg cukup besar sambil sering" d elus kepalanya smbl ksh makan,.klw msh ktakutan..lakukan hal ini scra rutin..2 mnggu ckup mnjinakan bran owl, sprt pny sya yg bru beli..

Unknown said...

Yakin lu punya GE bro?
Beli harga brp lu bro?
Dmn belinya?

Unknown said...

Itu namanya IMPRINT bro
Justru lebih gampang utk melatih skill bop kalo dia IMPRINT
Maaf kalo salah

Unknown said...

Bro ko tyto alba saya klo denger suara keras dia ketakutan ya bro terus klo di panggil ga mau ngerspon itu knp ya bro

Unknown said...

Bro gw bru belajar nih, dan punya elang brontok usia 4-6 minggu yang jatuh dari sarangnya. Burungnya mau makan tapi nggk mau dideketin... Ad saran nggk..??? Mohon petunjuknya agan sekalian...

Unknown said...

Ane baru beli celepuk. Udah ane karantina 2hari dan sekarang udah mau dielus" tapi dia belum bisa terbang ke tangan untuk diberi makan. Caranya gmana ya biar kalo dikasih liat tangan kita trus biar bisa terbang menghampiri?

Unknown said...

Suhu suhu...mohon petunjuknya..saya punya CHE LM usia 2th .tapi tidak pernah mau berbunyi..dan masih giras sekali,,mhon petunjuknya..

Unknown said...

Kalo mau di ajarin dari perch ketangan apakah mkannya dipuasakan dulu? Jadi seharian gak dikasih mkan?

Unknown said...

Saya baru beli helang che.ia sudah ok d manning tapi dia selalu nak lari smpi2 selalu tergantung..kadang2 sudah d naik kn ke atas dia tidak mau berdiri..apa kh dia sakit kaki?atau msh blm cukup manning?

Eko Fajar Refraksi Optisien .Amd RO said...

Mungkin dia beli patung GE

Eko Fajar Refraksi Optisien .Amd RO said...

Manning nya kurang

Heru budi said...

Bro saya punya elang dh jinak tp belum mau lompat ke glove gimana caranya biar mau ke glove

DJ Qmonk said...

Cara nya latih saat dia sedang lapar,simpan makan'an nya di glove tp jgn dipaksakan klo g mau,manning trs dan sabar ^^

Unknown said...

Mksh mas Informasinya

Unknown said...

Bro, saya punya BK brancher tp kok tak pakein ankjess malah di gigit/di rusak.. Mohon petunjuk suhu suhu.

Nasir said...
This comment has been removed by the author.
Nasir said...

Bro saya bru dpt elang WHE nmpak ny udh usia juve .
Gmn ya cara melatih ny .
Mhon ptunjuk ny master ..krn msh newbie

Unknown said...

Om ane ada lang che Lm cuma pemalas susah di naekin ke glov padahal udah sangat jinak...

Unknown said...

Mohon pencerahanya para suhuu

Unknown said...

Bos, , sy punya bk yahh umur sebulan baru beli sih.. Tapi jarang bersuara dia... Sedangkan punya teman saya sdh bersuara kalo mau di pegang, atau di beri makan. Tolong petunjuk. Makasih

Unknown said...

Gan, aku punya elang tikus tp udah déwasa, gw dapet dari pasar.. pertama doi galak bngt, tp alhamdulillah dgn kesabaran sekarang udah bisa di sentuh, di elus2 n mau naik ke glove, yg saya mau tanya, doi mau terbang nyamperin ke tangan,dgn umpan anak ayam, tp doi selalu teriak teriak, n si makanannya di cekek aja di kaki nya. Selama kita deket, yg ada teriak² mulu n kaga mau tenang, meski kepalanya di elus² tetep teriak²..
Selama ini si di kasih anak ayam idup, kalo di kasih daging yg udah di potong, dia kaga mau makan..
Mohon petunjuk nya gan..

Muhlis said...

Gan gua baru beli elang bk udah skil, kalau di kasi soar kira" kembali lagi gk

Unknown said...

Ezz, saya punya elang tikus nih, tapi kok kalo makan gak mau di deketin ya gan? Kalo kita deket dia nya gak jadi makan. Gimana itu?

Rocky Ghibran said...

kurang interaksi gan

Rocky Ghibran said...

manning aja trs
banyakin manning biar terbiasa

Didi helpian said...

Malem om om,tanya bop saya sudah 2 hari gak mau makan,biasa nya lahap banget,sakit atau gimana ya,mungkin ada yg tau solusinya supaya dia bisa makan lahap lagi

Didi helpian said...

Malem om om,tanya bop saya sudah 2 hari gak mau makan,biasa nya lahap banget,sakit atau gimana ya,mungkin ada yg tau solusinya supaya dia bisa makan lahap lagi

Unknown said...

bro mau tanya nih che dm saya sdh hunting tp hanya jarak dekat hanya biawak, kadal dan malah belalang dia hajar juga max 10meter,mangsa 20meter tekukur garangan malah acuh dan usia masih juve tengah kurang bringas, gimana biar dia respon burunya keluar untuk ukuran jarak jauh..mohon pencerahannya
thx

Unknown said...

Mau nanya ni mas bro,aq bru dpt alap alap dia masih liar bngt
Gmna caranya agar dia bisa jinak y mas bro?

Unknown said...

Elus kepala BOP pake tangan kiri apa kakan..

Unknown said...

Saya punya elang che dm yg saya pelihara mulai dari ukuran chick berbulu jarum,sudah 5 hari belum kembali, niatan saya lepaskan untuk belajar terbang, bagaimana cara memanggilnya kembali, tolong dong bagaimana tips untuk memanggilnya kembali,

Unknown said...

Saya punya elang che dm yg saya pelihara dari ukuran chick berbulu jarum, sekarang sudah besar dan berbulu dan saya beri pengikat di kedua kakinya, niatan saya lepaskan untuk belajar terbang malah terbang sudah 5 hari belum kembali, tolong dong tips bagaimana memanggilnya kembali?

Unknown said...

Gan, saya pemula didunia BURHAN tapi burhan saya setiap ditaro ditangkringan malah angkletnya digigitin sampe putus dan setiap saya deketin awalnya ngdeep trus saya elus2 dia diem aja

srftgrfegtrefgredfg said...

cara mengatasi bulu yang jelek pada putus gimana yah hu? biar yang pada putus cepat lepas dan tumbuh bulu baru

brahmsiagian@gmail.com said...

Saya punya obay gan beli dri umur juve.. dri beli smpe skrg makan lahap dan lancar tp msh susah dilatih skill, klo diajak nangkring ditangan psti balik lg ke perchnya... O iya ada lagi smpe skrg obaynya gk prnah bersuara,trus ciri gk joged2 kyk ciri aslinya. itu knapa ya? Dan klo saya samperin awal2 psti sayapnya dikembangin kyk sikap defensenya gitu.. bgitu didekatin dan kpalanya dielus baru deh tenang.. selalu bgitu setiap hari,, mohon masukannya para master BOP

Unknown said...

Sya baru dpat alap2 cg bc ahir liar apa masi bisa d latih respon,,klo tangan ku bawa makanan dia malah kabur ,klo gk bawa makanan malah diam ,aneh mohon caci makinya

Riyadh said...

Saya baru dapat alap2 cg. Masih bc ahir. Dia suka berdiri di tegeran. Tp klo malam mau tdr dia kembali duduk di sarang nya klo tidur. Apa alap2 emang butuh duduk? Atau emang masih umur bc?

Unknown said...

Elang saya akhir2 ini susah makan,, kalo makan di muntahin lagi udah 2 hari,, sakit apa yaa,, tolong kasih tau cara pengobatannnya bro,, saya kasih daging burung dara,,, mohon petunjuk,,,

Hesti said...

Saya punya elang che dm umur 1 setengah tahun masih bisa di latih ngga ya om?

Post a Comment