Tuesday, April 15, 2014

PERTOLONGAN PERTAMA PADA ELANG DAN BURUNG HANTU

* Makanan darurat untuk yang Sakit dan Sulit Makan

Meskipun telah diteliti dan disilangkan dengan bahan yang tersedia , maka tidak ada pengganti untuk dokter hewan . Banyak masalah terbesar datang ketika penangan raptor menunggu terlalu lama untuk dikonsultasikan dengan dokter hewan . Burung sangat sensitif dan 24 jam dapat berarti perbedaan antara penyakit yang dapat diobati dan burung yang kemungkinan akan mati . Namun, keadaan darurat terjadi. Falconry kadang-kadang di luar kemampuan geografis untuk mendapatkan bantuan medis . Dalam kasus ini , melakukan sesuatu yang mungkin lebih baik daripada tidak melakukan apapun . Ini adalah panduan untuk membantu mengidentifikasi kapan untuk mencari bantuan , kapan harus segera mencari bantuan , dan bagaimana untuk menghindari membuat kesalahan dalam membantu burung Anda . Saya selalu membawa burung peralatan P3K khusus burung ketika berburu atau hanya bepergian , dan memiliki satu set instruksi di print,  sehingga saya akan tahu bagaimana benar menangani keadaan darurat . saya juga memiliki kartu nama dan nomor darurat dokter hewan lainnya yang saya bisa hubungi untuk konsultasi .

Bahaya untuk burung datang dari segala arah . Sementara raptor yang dipelihara falconers secara substansial lebih sehat dan berumur panjang daripada di alam liar , burung dasarnya beroperasi sebagai burung liar ketika berburu , dan ini memiliki bahaya yang sama ketika berada di tempat manapun . Raptor kecil seperti Kestrels , Merlins , dan Sharp - Hawks sering diserang oleh kucing, anjing , atau burung pemangsa yang lebih besar di lapangan - sorang falconer harus lah mampu menghilangkan bahaya ini sehingga dia jauh dari kata stress . Burung yang lebih besar terluka oleh kawat , badai pagar , saluran berduri listrik dan transformer , mobil dan lalu lintas , burung hantu dan elang besar , anjing , dan coyote - semua bahaya yang falconer dapat bantu mengurangi , namun tidak dapat dicegah .Ini adalah ide yang baik untuk memiliki pembantu berjalan . Biasanya diperlukan waktu dua orang untuk menangani burung besar yang mungkin berkelahi atau panik . Satu dapat menahan dan menjaga kenyamanan burung sementara orang lain mengurus cedera . Anda dan pekerja Anda harus tetap setenang mungkin dalam situasi darurat . Burung itu akan menangkap emosi Anda jika Anda panik . Membuat yakin
jari siapa pun yang terlalu dekat dengan paruh burung atau cakar tidak menhadirkan cedera yang mungkin timbul .

Ketika burung sakit atau stress akibat bahaya tersebut atau situasi yang asing baginya karena baru berpindah ketempat baru, atau bisa juga karena tuannya yang tak tahu cara tepat menyentuh mereka sehingga jarinya menimbulkan frustasi pada burung, hal yang sering terjadi dan membuat panik para beginner adalah ketika sang burung tidak mau lagi memakan mangsa yang diberikan. Ketika hal ini terjadi tentulah burung berada posisi stres atau sakit. Tindakan yang perlu dilakukan oleh tuan yang baik adalah jelas melakukan pertolongan pertama dengan menyiapkan makanan darurat (emergenci feeding). Namun, dokter hewan yang terpercaya tetap diperlukan apabila pertolongan pertama tidak menhadirkan dampak yang baik.

Setiap falconer harus memiliki makan resep darurat di tangan dalam kasus darurat . Jika burung sakit , berat mereka turun drastis, telah terluka , atau karena alasan lain karena kebutuhan gizi dan tidak mampu untuk didapatkan dari makanan standar , resep gizi darurat harus dibuat untuknya .Dengan mencampur bagian yang sama : 

    1. Daging rasa makanan bayi -  cincang halus daging atau bubur (daging kaya lebih baik , termasuk beberapa lemak , namun tidak ada tulang , bulu , atau bulu puyuh sehingga mudah dicerna oleh burung sakit, merpati sangat kaya nutrisi tapi mungkin terlalu padat dan banyak untuk burung tersebut yang sedang kelaparan namun sakit.
      2. Karo sirup - gula ini dapat dicerna oleh tubuh dan diserap dengan hampir tanpa usaha (sangat mudah dicerna) . Jika Anda tidak memiliki Karo di tangan , Nutri - Cal dapat digunakan dengan mengambil kaleng madu atau Coke yang telah direbus dan didinginkan untuk menghilangkan karbonasi . Jika burung sangat kecil dan sangat ringan , potong porsi ini kembali menjadi porsi yang sangat kecil karena kelebihan gula akan menyebabkan diare dan dehidrasi . 
      3. Pedialyte -  Ringer laktat merupakan solusi yang lebih disukai , tetapi jika tidak tersedia . Gatorade dapat digunakan , tapi sedikit lebih keras pada sistem burung .
      4. Telur atau dua kuning telur - sangat bergizi untuk burung dan sangat mudah ditemukan.
      5. Sejumput kecil garam - membantu mempertahankan cairan. 0,5 vitamin cair cc - sekitar 5 % dari jumlah total makanan yang Anda buat

      Prosedur:
      Hangatkan bubur dengan suhu tubuh ( suhu dapat diuji di pergelangan tangan Anda dan pastikan itu adalah hangat kuku ) .
      Dengan jarum suntik kecil (tidak ada jarum dimasukkan namun ditembakkan ) , atau pipet , Anda dapat memompa beberapa CCS ke mulut burung dan membiarkan dia menelannya . Info lebih lanjut bisa anda baca di halaman website dibawah ini:
      Avian kekurusan http://www.urbanwildlifesociety.org/WLR/Emaciation.html  

      Anda juga dapat mencelupkan daging ke bubur untuk burung yang masih mau makan namun tak banyak, ketika daging (gunakan daging yang menjadi pakan utamanya) dimakan, maka bubur yang menempel ketika dicelupkan akan turut masuk kedalam tubuh burung



      Referensi : www.themodernapprentice.com    

      13 comments:

      Unknown said...

      emang boleh bang dikasih kuning telur kalau lagi sakit

      Unknown said...

      Klw di kasih makan di muntahkan. Di kasi kuning telur jga di muntahkan. Gimana ya cara penanganan.

      Unknown said...

      Klw di kasih makan di muntahkan. Di kasi kuning telur jga di muntahkan. Gimana ya cara penanganan.

      Unknown said...

      gimana cara mengatasi burung ga mau makan

      Unknown said...

      Kuning telur kayanya ga baik malah bikin parah

      Unknown said...

      Kl sy biasa sy cekokin sampe tenggorokan ,, biasanya lgsg ditelan..tp ini udh seminggu burung blm mau makan sendiri..capek jg nyuapin terus..

      yukan said...

      Pengalaman saya dari beberapa bop yg pernah saya handle obat dari bop yg susah makan adalah jangan di tempatkan di ruangan berakibat stress, keadaan gelap 24 jam akan membuat insting bop merasa pada saat malam hari, biarkan bop berapa pada alam bebas dari pagi sampai sore, pastikan bop di lepas menggulang angklet biar gak kabur

      Unknown said...

      Bagaimana mengatasi Bob yang tiba tiba seperti orang linglung????

      Unknown said...

      Bagaimana Mengatasi Bob yg terkena Hujan Dan kedinginan ya..?
      Dan TDK mau makan??

      Unknown said...

      Punya saya masih tidak mau makan..

      Unknown said...

      bisa minta kontaknya saya butuh saran, buburnya itu bubur apa ya mas? atau hanya daging yg di cincang menjadi seperti bubur aja atau gimana?

      Ihsan said...

      Bang saya baru adop Che Lm Nah dari awal saya adop baru 3 hari dia makan nya kurang diem mulu ,tapi nampak sehat, dan dia udh kayak ga jinak gitu di pegang kabur dll dah dan gamau makan sekarang gimana ya cara penanganannya mohon di bls ini sangat urgent

      Anjani said...

      ijin copas suhu

      Post a Comment