Monday, October 14, 2013

Makanan - Minuman Penyembuh Flu

Pada peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan terutama di bulan ini, salah satu yang perlu diperhatikan adalah menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit umum yaitu flu yang dampaknya dapat menurunkan kinerja kita dalam aktifitas sehari-hari.

Mengkonsumsi bebagai jenis obat flu non verbal yang mudah didapati di toko kelontong atau warung sebaiknya dihindari terlebih dahulu, selain mengandung efek samping yang tidaklah baik, obat flu non verbal umumnya hanya bersifat meringankan bukan mengobati.

Langkah utama yang bisa kita lakukan bila ingin terhindar dari flu atau memang terlanjur terjangkit flu adalah dengan memakan makanan atau pun minuman yang mampu mencegah sekaligus mengobati penyakit tersebut, disarankan dari iVillage berikut adalah makanan dan minuman apa saja yang ada di sekitar kita dan mampu mencegah sekaligus mengobati penyakit flu.

Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini didapati mengandung antioksidan dan selenium tinggi sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri sekaligus virus penyebab flu dan juga mencegahnya, Anda dapat memakan bawang putih dengan mengupas kulitnya, iris tips, kemudian diamkan terlebih dahulu kurang lebih antara 15 sampai 20 menit sebelum dimasak, ini berguna agar kandungan enzim pada bawang putih terbentuk guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Jahe
Sudah bukan rahasia lagi bila jahe mampu mencegah dan mengobati penyakit flu, itulah kenapa setiap ada hiburan tradisi di malam hari kurang lengkap rasanya bila tidak tersedia wedang jahe, Anda dapat memarut jahe dan seduh pada air hangat kemudian tambahkan gula merah agar lebih nikmat, minum selagi hangat.

Bayam
Kandungan float pada daun bayam terbukti dapat memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA, selain float, pada bayam juga terdapat nutrisi, serat, antioksidan, dan vitamin C yang kesemuanya mampu mengobati dan mencegah penyakit flu. Untuk mengkonsumsi daun bayam sebaiknya dibuat sayur, namun yang terpenting tidak dimasak dalam waktu lama, cukup sebentar saja atau dimakan mentah.

Teh Hijau
Zat catechin dan theanine yang banyak terkandung pada teh hijau menurut peneleti Hiroshi Yamada, MD, Ph.D zat tersebut adalah antioksidan yang sangat berguna menangkal penyakit termasuk penyakit flu.

Vitamin C
Vitamin yang banyak terkandung pada buah jeruk ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit flu, vitamin C juga banyak terkandung pada brokoli, kiwi, blewah, sirsak, dan masih banyak lagi, rutinlah konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

Itulah kelima makanan dan minuman yang dapat mencegah sekaligus mengobati penyakit flu, selain itu istirahatlah yang cukup agar lekas sembuh.

Sumber: batas-depok.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment